Resep Makanan Sehat Bayi 6 Bulan Pertama

Resepmakananbalita.blogspot.com - Pembahasan mengenai resep makanan bayi 6 bulan pertama sejatinya bukan lagi hal yang asing bagi para pembaca. Sudah ramai dibicarakan bahwa IMD atau Inisiasi Menyusui Dini sudah harus diterapkan sejak awal kelahiran bayi. Hal tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan pemberian kolostrum pada bayi, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan. Diyakini bahwa kandungan zat yang ada dalam ASI dapat membentuk kekebalan tubuh atau imunitas pada tubuh si bayi. Jadi, ASI dapat berfungsi sebagai makanan dan juga sebagai penyembuh dan pencegah dari penyakit. Meskipun bayi pada usia 6 bulan pertama sudah mulai bisa dikenalkan dengan makanan pendamping ASI yang dilumatkan, namun ASI masih harus tetap sebagai makanan bayi 6 bulan pertama yang harus diberikan secara rutin dan sebanyak mungkin.

Adanya resep makanan bayi 6 bulan pertama sebenarnya hanya digunakan untuk selingan danpembelajaran pada bayi agar dapat menyesuaikan diri dengan makanan pendamping ASI. Oleh

sebab itu, pemberianmakanan tambahan pada bayi usia 6 bulan pertama hanya diberikan pada frekuensi yang jarang yakni sehari sekali dan dengan jumlah yang sedikit yakni hanya satu sendok makan per sekali makan.

Adapun beberapa resep makanan bayi 6 bulan pertama yang dianjurkan untuk diberikan pada bayi adalah buah-buahan yang dilumatkan, misalnya pisang yang dikerok menggunakan sendok seperti yang sudah umum dijumpai. Kemudian resep makanan bayi 6 bulan pertama lain yang dapat dikonsumsi adalah bubur susu dan bubur tim. Ada juga alternatif pilihan lain yang dapat digunakan sebagai resep makanan bayi 6 bulan pertama yakni bubur instan yang dapat langsung dibeli. Bubur instan ini digunakan sebagai alternatif pilihan terakhir ketika para ibu tidak dapat membuat dan menyiapkan makanan bayi 6 bulan pertama yang sudah disebutkan diatas. Bubur instan dijadikan pilihan terakhir karena tidak baik jika terlalu sering diberikan pada bayi.


Resep makanan bayi 6 bulan pertama yang sehat adalah makanan yang dibuat sendiri di rumah melalui pemilihan dan pengolahan bahan makanan yang baik dan benar. Dalam pemilihan bahan makanan usahakan memilih buah-buahan dan sayuran yang segar dan tidak tercemar, bisa juga menggunakan sayuran dan buah-buahan beku atau organic yang aman dari pencemaran rasidu pestisida.


Karena makanan ini diberikan pada bayi, maka dari itu pengolahan harus benar. Yang pertama, bersihkan cucilah terlebih dahulu bahan makanan yanga akan dilumatkan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan zat-zat yang seharusnya tidak dikonsumsi, seperti menempelnya residu pestisida atau bakteri dan jamur yang tidak kasat mata. Sebelum dilumatkan, jika yang digunakan adalah buan-buahan maka kupas saja kulit buahnya, karena dikhawatirkan alat pencernaan pada bayi belum bisa mencerna dengan maksimal.

No comments:

Post a Comment