Resep Makanan Bayi 7 Bulan

Resepmakananbalita.blogspot.com - Kali ini akan dibahas tentang kemampuan bayi menerima MP ASI (Makanan Pendamping ASI), bayi berusia diatas 6 bulan sudah selayaknya diberikan variasi resep makanan bayi 7 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Resep makanan bayi 7 bulan baik diberikan ketika si bayi sudah menampakkan kemampuan menerima terhadap makanan pandamping ASi tersebut.

Tanda jika bayi diatas 6 bulan yang sudah mampu menerima berbagai resep makanan bayi 7 bulan sebagai makanan pendamping ASI adalah ketika bayi sudah mampu menahan kepalanya sendiri dalam posisi yang tegak dan mampu mempertahankan posisi duduk sambil bersandar.

Resep Makanan Bayi 7 Bulan Sebagai Makanan Pendamping ASI
Resep makanan bayi 7 bulan biasanya bertekstur lebih kasar dalam bentuk bubur tim. Oleh karena bayi harus beradaptasi terhadap pemberian makanan pendamping ASI, maka
pemberian harus dilakukan bertahap. Awalnya diberikan bubur tim yang disaring, namun jika bayi sudah terbiasa maka selanjutnya dapat diberikan bubur tim tanpa disaring. Pemberian makanan pendamping ASI juga harus diberikan dengan takaran yang bertahap, mulai dari takaran beberapa sendok hingga mangkuk. Jika bayi sudah bisa memegang makanan sendiri dan mulai tertarik dengan makanan orang dewasa, bisa diberikan biscuit.

Resep makanan bayi 7 bulan harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi sebagai penunjang pertumbuhannya. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan bayi berusia 7 bulan diantaranya adalah karbohidrat sebagai penghasil energy yang bisa didapat dari serealia atau tepung sekali makan. Nutrisi lain yang diperlukan bayi berusia 7 bulan adalah vitamin yang mana banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Kebutuhan akan vitamin dapat divariasikan dalam resep makanan bayi 7 bulan berupa nasi tim yang dicampur dengan buah atau sayuran.


Resep makanan bayi 7 bulan yang berupa nasi tim dengan campuran hati ayam dapat memenuhi kebutuhan mineral besi pada bayi. Dimana zat besi merupakan elemen mikro yang berfungsi dalam pembentukan darah, sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, juga sebagai katalis dalam proses perpindahan energy.


Resep makanan bayi 7 bulan yang dapat divariasikan dengan berbagai campuran yang sudah dijelaskan di atas, pada umumnya sangat mudah dan praktis dalam pembuatannya.

No comments:

Post a Comment