Pola & Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Resepmakananbalita.blogspot.com - Pembahasan kali ini masih seputar bayi yakni pengaturan jadwal makan bayi 6 bulan. Asupan makan pada bayi memang harus selalu diperhatikan dan disesuaikan, karena berhubungan langsung dengan kebutuhan nutrisi bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Makanan yang disajikan harus bervariasi agar bayi tidak bosan dan harus sesuai dengan kaidah empat sehat lima sempurna.

Pada usia 6 bulan, anak sudah mampu memproduksi enzim pencernaan sehingga sudah mampu untuk menerima makanan pendamping ASI atau makanan padat. Makanan pendamping ASI juga mampu membantu menciptakan kekebalan tubuh. Nutrisi yang diperlukan bayi usia 6 bulan adalah zat gizi makro yang terdiri dari protein, lemak, 
karbohidrat serta zat gizi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral.

Makanan bayi usia 6 bulan bisa dimulai dengan pemberian buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan

termasuk kacang hijau, dan atau jus. Makanan bayi usia 6 bulan yang dianjurkan oleh buku posyandu secara umum adalah bubur susu. Bubur susu yakni campuran dari biscuit yang dihaluskan kemudian ditambah susu. Namun, makanan utama bayi usia 6 bulan adalah ASI. Karena ASI harus diberikan secara eksklusif sampai usia 6 bulan.

Adapun jumlah pemberian dan pengaturan jadwal makan bayi 6 bulan yakni sebanyak 2 sampai 3 sendok makan setiap kali makan per hari. Frekuensi pemberian makan bayi usia 6 bulan adalah sekali dalam sehari. Yang perlu diingat dalam pemberian makan pada bayi adalah jadwalnya, yakni berikan jarak sekitar tiga sampai empat hari dalam proses penggantian resep makanan pendamping ASI. Namun pemberian ASI masih harus sesering mungkin, setiap saat dan setiap bayi menginginkan.


Pengaturan jadwal makan bayi 6 bulan harus disesuaikan juga dengan jadwal tidur bayi agar penyerapan bahan makanan bisa maksimal. Pola tidur bayi usia 6 bulan yang perlu diperhatikan yakni, waktu tidur antara 13 sampai 14 jam dengan durasi tidur di pagi hari lebih singkat daripada saat malam hari.


Pengaturan jadwal makan bayi 6 bulan dimulai sekitar pukul 6 pagi sampai dengan sekitar pukul 9 malam, dimulai dengan pemberian ASI di pagi hari dan sebelum tidur. Rincian pengaturan jadwal makan bayi 6 bulan adalah sebagai berikut:

  • Pukul 06.00 (bangun tidur) ASI
  • Pukul 08.00 (makan pagi) Bubur susu
  • Pukul 10.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
  • Pukul 12.00 (makan siang) ASI
  • Pukul 14.00 (sebelum tidur siang) ASI
  • Pukul 16.00 (camilan) Buah segar/ biskuit
  • Pukul 18.00 (makan malam) Bubur susu
  • Pukul 21.00 (sebelum tidur) ASI
Makanan pendamping ASI diberikan sebagai selingan saja, jika bayi tidak mau mengkonsumsi maka perbanyaklah jumlah ASI yang diberikan.

No comments:

Post a Comment